[Sehat] Pelaksanaan Pijat Bayi / Baby Messages




Para pembaca JasaLogo, sebelumnya kami sudah memposting artikel yang berjudul Cara Pijat Bayi/Baby Messages. Dan pada postingan tersebut kita sudah membahas pada bagian pendahuluan. Nah, berikut ini adalah prosedur pelaksanaan untuk melakuan pijat bayi. Maaf kalau sudah lama menunggu... :D

Prosedur pelaksanaan

Postingan berikut adalah langkah-langkah yang kami sarankan untuk melakukan pijat bayi. Pijat bayi yang satu ini cukup aman dilakukan, bila sesuai dengan cara yang tepat dan tidak dilakukan secara berlebihan. Cukup aman kok...

Langsung aja kita simak langkah-langkahnya yang berikut ini:

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan massage pada bayi, di antaranya sebagai berikut:

1) Sebelum melakukan massage, pastikan tangan bersih dan hangat. Upayakan kuku dipotong dan perhiasan dilepas, agar supaya tidak menyebabkan goresan pada kulit bayi saat memijat nanti.

2) Bayi sudah makan dan tidak sedang terlalu lapar (tapi jangan melakukan massage segera setelah selesai makan).

3) Jangan membangunkan bayi hanya untuk melakukan massage, lakukan pada saat-saat bayi tidak sedang rewel. Jangan melakukan massage pada bayi yang sedang tidak sehat, atau sedang sangat rewel. Tidak boleh memaksakan posisi pada bayi untuk melakukan massage. Sebagai contoh, melakukan massage posisi tengkurap pada bayi yang baru lahir. Apalagi dalam waktu yang cukup lama.

4) Sebelum Massage hendaknya siapkan baby oil atau baby lotion. Baringkan bayi diatas permukaan kain yang rata, empuk, lembut dan bersih.

5) Pilih ruangan yang nyaman, hangat dan tidak pengap untuk kegiatan ini. Pastikan udara segar dan banyak ventilasi udara.

6) Sebelum melakukan massage, lakukan terlebih dahulu semacam gerakan pembuka. Maksud gerakan pembuka ini bisa dibilang adalah gerakan pemanasan, tapi bukan berarti mengerak-gerakkanya terlebih dahulu. Akan tetapi cukup memberikan beberapa sentuhan ringan di daerah kepala, rambut, wajah, badan dan anggota gerak. Dengan cara mengusap-usap, sambil mengajak bayi berbicara.

7) Sebelum dan selama massage, kulit harus dilumuri baby oil atau baby lotion sesering mungkin. Hindari pengolesan dengan cara memercikkan atau menumpahkan baby oil dari botol, dapat beresiko mengenai mata bayi. Lakukan dengan cara menumpahkannya pada tangan, kemudian meratakannya pada kulit bayi sambil memberikan pijatan. Berikan sentuhan ringan dan lembut. Kemudian secara bertahap, tambahkan tekanan pada setiap sentuhan terutama bila anak sudah mulai menerima massage itu.

8) Tekanan yang diberikan harus gentle (pelan tapi pasti) dimana tangan harus kontak langsung dengan kulit bayi. Tangan harus fleksibel (luwes) dengan kontrol yang baik agar tekanan yang dihasilkan sama, tapi jangan terlalu kuat sehingga membuat bayi merasa tidak nyaman.

9) Bila bayi menangis, lebih baik tenangkan dulu sebelum melanjutkan massage. Kalau tangisnya makin keras, massage sebaiknya dihentikan. Mungkin bayi sedang minta digendong, disusui atau mengantuk. Namun, ada kalanya disaat-saat tertentu bisa tetap dilanjutkan, terutama pada bayi yang sama sekali belum pernah dipijat.

10) Untuk menciptakan suasana tenang, ada baiknya ketika massage berlangsung, tetap mengajaknya bicara atau bersenda gurau.

11) Untuk dosis massage, tidak ada ketentuan yang baku. Ada baiknya massage dilakukan minimal seminggu sekali dan dilakukan minimal 15 menit, agar tidak tergesa-gesa melakukannya.

12) Catatan penting ketika sedang memijat bayi; jangan pernah melakukan pijatan pada bayi yang menyebabkan bayi semakin tidak nyaman dan merasakan sakit. Tujuan utama massage bayi adalah untuk memberikan padanya sentuhan dan sedikit pijatan. Itu sudah lebih dari cukup bagi tubuh dan psikis bayi. Setiap sentuhan yang lembut dan membuatnya nyaman, itu sudah cukup membuatnya nyaman dan melepaskan zat-zat asam laktat pada anggota gerak bayi, sehingga rasa pegal bisa berkurang.

Massage yang diberikan pada bayi berbeda-beda dosis dan penekanannya sesuai dengan usia anak. Massage yang dilakukan tidak tuntas akan mengakibatkan hasil yang kurang optimal.

Urutan pelaksanaan massage:

1) Kaki



Peganglah kaki bayi pada pangkal paha kemudian gerakkan tangan dari paha ke pergelangan kaki secara bergantian, seperti memerah susu.







Usaplah telapak kaki bayi dengan kedua ibu jari secara bergantian, dimulai dari tumit kaki menuju ke jari.









Dengan kedua ibujari, buatlah seperti lingkaran-lingkaran kecil di telapak kaki secara bersamaan dari tumit hingga jari-jari kaki.







Lakukanlah gerakan diatas secara bergantian kanan dan kiri, masing-masing 2-3 kali pengulangan. Setelah semua gerakan dilakukan, akhiri dengan melakukan gerakan; merapatkan kedua kaki bayi, kemudian letakkan kedua tangan Anda secara bersamaan pada pangkal paha, kemudian usap (tarik) dengan halus kedua kaki bayi dari atas ke bawah (pangkal paha ke ujung kaki).






2) Perut


Untuk pemijatan di bagian perut hindari pemijatan pada tulang rusuk atau ujung tulang rusuk.


Lakukan gerakan pada perut bayi seperti mengayuh pedal sepeda, dari atas ke bawah perut, bergantian dengan tangan kanan dan kiri. Namun jangan lakukan dengan tekanan yang kuat.


Tekuk kedua lutut bayi dengan lembut dan bersamaan, menuju (menempel) ke permukaan perut bayi secara berulang-ulang, tekuk-lurus-tekuk-lurus. Selanjutnya, buatlah lingkaran dengan ujung-ujung jari tangan kanan mulai dari perut sebelah kanan bawah sesuai arah jarum jam, kemudian sampai ke daerah kiri bawah (seperti bentuk bulan sabit), diikuti oleh tangan kiri yang membuat bulatan penuh (seperti bentuk matahari).







Letakkan ujung-ujung jari pada perut bayi di bagian kanan bawah dan buatlah gerakan dengan tekanan sesuai arah jam dari kanan bawah ke kiri bawah guna memindahkan gelembung-gelembung udara. Dengan kedua telapak tangan usaplah dari tengah dada ke samping luar secara lembut dan berulang-ulang


3) Tangan


- Usapan sepanjang lengan


Peganglah lengan bayi dengan kedua telapak tangan mulai dari pundak kemudian gerakkan tangan kanan dan kiri ke bawah secara bergantian dan berulang-ulang seolah memerah susu sapi. Gerakan dimulai dari pergelangan tangan ke arah badan untuk mengalirkan darah ke jantung dan paru-paru kemudian gerakkan tangan kanan dan kiri secara bergantian, mulai dari pergelangan ke arah pundak.






- Telapak tangan

Dengan kedua ibu jari, usaplah telapak tangan seolah membuat lingkaran kecil dari pergelangan tangan ke arah jari-jemari. Sedangkan keempat jari lainnya mengusap punggung tangan




- Peregangan Jari

Regangkan jari bayi satu per satu menuju ujung jari dengan gerakan memutar.Akhiri gerakan ini dengan tarikan lembut pada tiap ujung jari






- Gerakan tarikan lengan

Peganglah lengan bayi bagian atas/bahu dengan kedua telapak tangan dan tangnan lain dipergelangan tangan. Tarik lengan bayi dari bahu kepergelangan secara bergantian.


- Gerakan menggulung

Bentuklah gerakan menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan/jari


- Gerakan akhir


Setelah semua gerakan dilakukan pada tangan kanan dan kemudian tangan kiri bayi, lalu lakukan gerakan berikut:


Rapatkan kedua lengan bayi pada badannya, usap dengan lembut kedua lengan bayi dengan kedua tangan Anda secara bersamaan mulai dari pundak sampai ke pergelangan tangan.


4) Wajah




- Dahi : meyetrika dahi

Letakkan kedua jari tangan Anda pada pertengahan dahi lalu tekan jari-jari Anda dengan lembut mulai dari tengah dahi bayi ke arah samping kanan dan kiri seolah menyeterika dahi.

- Alis : menyetrika alis


Letakkan kedua ibu jari Anda di antara kedua alis mata lalu usaplah bagian atas mata/alis mulai dari tengah ke samping seperti menyeterika alis.


- Hidung : senyum pertama

Letakkan kedua ibu jari Anda di antara kedua alis. Tekankanlah ibu jari Anda dari pergelangan kedua alis turun melalui tepi hidung ke arah pipi kemudian gerakkan ke samping dan ke atas seolah membuat bayi tersenyum


- Rahang atas : senyum kedua

Letakkan kedua ibu jari Anda pada pergelangan rahang atas atau di atas mulut di bawah sekat hidung. Lalu tarik kesamping seolah membuat bayi tersenyum.


- Menekan pipi


Gerakkan kedua ibu jari Anda dari tengah ke samping dan ke atas ke daerah pipi


- Dagu/rahang bawah : senyum ketiga

Letakkan kedua ibu jari Anda di tengah dagu. Tekankan dua ibu jari pada dagu, lalu gerakkan dari tengah ke samping kemudian ke atas seolah membuat bayi tersenyum.


- Belakang telinga

Dengan tekanan lembut gerakkan jari-jari kedua tangan Anda dari belakang telinga kanan dan kiri ke tengah dagu.


Punggung


- Gerakan maju mundur : kuda goyang


Tengkurapkan bayi melintang di depan Anda. Gosoklah dengan gerakan maju mundur menggunakan kedua telapak tangan di sepanjang punggung bayi, dari bawah leher sampai ke pantat bayi


- Gerakan menyetrika


Lakukan usapan dengan telapak tangan kanan Anda, menyerupai gerakan menyetrika, dimulai dari pundak ke bawah sampai ke pantat


- Gerakan melingkar


Buatlah gerakan-gerakan melingkar kecil-kecil dengan jari-jari kedua tangan Anda, mulai dari batas leher atas turun ke bawah sampai batas leher bawah, kemudian ke samping menyusuri bahu kanan dan kiri kemudian teruskan ke punggung sampai ke pantat.


- Gerakan menggaruk


Tekankan dengan lembut kelima jari-jari tangan kanan Anda pada punggung bayi, kemudian buat gerakan seperti menggaruk ke bawah memanjang sampai ke pantat bayi.



Supaya lebih enak mempraktekkan pijat bayi ini. Silahkan kunjungi link berikut ini:

Pijat Bayi_1

Pijat Bayi_2





Sumber: dari berbagai sumber
Previous
Next Post »