1 Ramadhan 1433 H adalah 20 Juli 2012 (BMKG)

sumber gambar BMKG
Alhamdulillah, 1 Ramadhan 1433 H sudah masuk pada tanggal 20 Juli 2012. Sesuai dengan hasil hisab dan rukyat yang diambil dari sumber yang terpercaya, BMKG. Sesuai dengan pernyataan yang dibuat dari hasil hisab dan rukyat 19 Juli 2012 yang dilakukan dibeberapa pulau.


Hasil rukyat untuk pulau jawa hanya bisa disaksikan melalui teropong, karena tingginya yang hanya berkisar antara 1-2 derajad. Meskipun ada sumber yang mengatakan bahwa di wilayah Cakung, Jawa Barat, hilal sudah tampak lebih dari 3 derajad.


Perlu diketahui bersama, dalam menentukan penetapan awal semua bulan, terutama dan terkhusus 1 Ramadhan dan Syawal harus menggunakan hisab dan rukyat. Hisab untuk perhitungan waktu dan rukyat untuk menyaksikan langsung. Kedua tindakan ini memang sudah hukum syar'inya, keduanya harus dilakukan. Namun, kesalahan yang dilakukan banyak orang, tidak terkecuali itu para Kiyai, mereka hanya menghitung dan menyaksikan di wilayahnya masing-masing atau Negaranya sendiri-sendiri. Padahal dalam menentukan hilal harus menyeluruh dalam cakupan dunia. Karena, hilal hanya satu, dan tidak mungkin ada perbedaan persepsi karena melihat 2 hilal dalam waktu yang berbeda (masih dalam 1x24 jam).


Sesuai dengan data BMKG tersebut, hilal benar-benar nampak di Argentina, dengan ketinggian 7-8 derajad. Bisa disaksikan langsung dengan mata telanjang. Di pulau jawa saja sudah 1-2 derajad, maka bisa dipastikan, semakin ke Barat, hilal semakin tinggi.


Kesimpulannya:


Alhamdulillah, 19 Juli 2012 sudah masuk 1 Ramadhan 1433 H (karena perpindahan hari adalah adzan magrib). Dan besok 20 Juli 2012 sudah puasa 1 Ramadhan 1433 H.


Pada awal Ramadhan ini, Kami dari jasalogounik.com, memohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada salah kata atau khilaf. Mohon maaf lahir dan bathin.


Selamat menjalankan ibadah puasa 1 Ramadhan 1433 H / 20 Juli 2012.


Sumber: disini
Previous
Next Post »