Peluang Bisnis Mukena Di Bulan Ramadhan

Kemeriahan menyambut datangnya bulan suci ramadhan dan momen spesial lebaran, ternyata Peluang Bisnis Mukena di Bulan Ramadhan yang cukup menggiurkan. Salah satunya yaitu bisnis mukena murah yang banyak dicari para konsumen menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Tak bisa kita pungkiri bila kebutuhan perlengkapan ibadah umat muslim seperti mukena, sarung, dan sajadah, selalu mengalami lonjakan permintaan menjelang momen spesial Ramadhan dan Lebaran. Biasanya, beragam jenis mukena mulai diburu para muslimah yang ingin merayakan hari lebaran dengan peralatan ibadah model terbaru.

Melihat peluang tersebut, tidak ada salahnya bila Anda mencoba memasarkan aneka macam mukena cantik untuk mencetak untung jutaan rupiah ketika musim Ramadhan dan Lebaran tiba. Target pasar yang bisa Anda bidik adalah para muslimah yang mencari aneka macam mukena dewasa, serta para orang tua yang sedang bingung mencarikan mukena lucu untuk putri tercintanya. 

Info Bisnis

Nah, bagi Anda yang ingin merintis usaha mukena menjelang musim lebaran. Berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis lebaran tersebut.
  1. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mencari produsen atau supplier mukena yang menjual produk berkualitas dengan harga terjangkau. Beberapa pusat grosir yang menyediakan peralatan ibadah antara lain Pusat Grosir Tanah Abang, Pusat Tasik, Pasar Baru Cipulir, sentra pengrajin Soreang di Bandung, sentra pengrajin Kawalu di Tasikmalaya, dan beberapa pusat grosir lainnya yang tersebar di kota-kota besar.
  2. Setelah menemukan pusat kulakan yang cukup potensial, selanjutnya perhatikan pula model mukena yang sedang dibutuhkan di kalangan masyarakat. 
  3. Jeli melihat peluang dan mempersiapkan persediaan produk secara matang. Bila pelaku bisnis lainnya berlomba-lomba merebut pasar menjelang lebaran, Anda bisa mencuri start dengan menawarkan katalog produk mukena menjelang bulan ramadhan tiba atau sebelumnya. Jadi, calon konsumen yang Anda dapatkan bisa lebih banyak dan keuntungan yang Anda terima pun juga semakin besar.
  4. Manfaatkan pasar tiban untuk mendatangkan omset tambahan. Biasanya, memasuki bulan ramadhan banyak pasar dadakan yang bermunculan menjelang buka puasa. Karenanya, Anda bisa memanfaatkan moment tersebut untuk mengoptimalkan penjualan.
Kelebihan Bisnis
Meskipun peluang bisnis ini bisa dikatakan usaha musiman, namun permintaan konsumen yang cukup tinggi memberikan untung besar bagi para pelaku usaha. Banyaknya keuntungan yang dijanjikan bahkan menarik minat para pelaku bisnis dadakan yang ingin memasarkan mukena cantik di musim ramadhan. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila Anda pun bisa mendapatkan untung besar dengan menyediakan grosir mukena murah sebagai tempat kulakan para pelaku bisnis dadakan tersebut.
Kekurangan Bisnis
Beberapa kendala bisnis yang dihadapi para pelaku usaha adalah melonjaknya harga kulakan mukena menjelang Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, persiapkan stok barang Anda sebelum memasuki musim ramadhan, sebab biasanya para produsen maupun suplier akan menaikan harga jualnya ketika memasuki musim ramadhan.
Selain itu, ketatnya persaingan pasar dan banyaknya varian mukena yang ditawarkan, menuntut para pelaku bisnis mukena untuk selektif dan lebih kreatif dalam memasarkan produk-produknya. Tawarkan paket diskon menarik untuk mendatangkan banyak penjualan.

Strategi Pemasaran

Untuk mengoptimalkan pemasaran mukena, Anda bisa memanfaatkan katalog produk dan beberapa sampel mukena untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Berbekal katalog yang Anda berikan, calon konsumen bisa memilih aneka macam mukena yang Anda pasarkan. Bila perlu, berikan diskon menarik untuk pembelian dalam partai besar (sistem pembelian grosir).
Disamping itu, Anda juga bisa memperluas pemasaran produk dengan menggandeng agen perwakilan atau para reseller produk di tiap daerah. Strategi ini terbilang cukup efektif, sebab belakangan mulai banyak para wanita khususnya ibu rumah tangga yang mencari bisnis sampingan untuk mendapatkan tambahan penghasilan setiap bulannya. Tawarkan sistem kerjasama yang saling menguntungkan, agar mitra Anda juga percaya dengan peluang bisnis yang Anda tawarkan.
Kunci Sukses
Dalam menjalankan bisnis mukena, yang terpenting adalah memilih variasi model jilbab yang sedang digandrungi konsumen serta memperhitungkan waktu dengan tepat untuk memanfaatkan momen lebaran sebaik-baiknya. Pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan barang dagangan sebelum ramadhan, dan mulai memasarkannya memasuki bulan puasa.

Analisa Ekonomi
Asumsi
Perhitungan biaya untuk membuka bisnis mukena menjelang lebaran.

Modal 
Manekin dan etalase                                  Rp  2.000.000,00
Stok barang 15 kodi x Rp 1.700.000,00/kd    Rp 25.500.000,00
Kemasan (plastik dan goody bag)                Rp    500.000,00
Sewa kios sebulan                                     Rp  5.000.000,00
Biaya listrik dan telepon                             Rp    450.000,00
Biaya transportasi                                      Rp    300.000,00+
Total                                                            Rp 33.750.000,00

Omset penjualan 
Harga per kodi Rp 2.500.000,00 dan harga eceran Rp 150.000/pcs
Penjualan grosir selama ramadhan (menjelang lebaran):
12 kodi x Rp 2.500.000,00                          Rp 30.000.000,00
Penjualan eceran selama ramadhan :
50 x Rp 150.000/pcs                                  Rp  7.500.000,00+
Omset selama ramadhan                               Rp 37.500.000,00

Laba bersih selama ramadhan                    
Rp 37.500.000,00 - Rp 33.750.000,00             Rp 3.750.000,00

Semoga informasi peluang usaha yang mengangkat usaha mukena di musim lebaran ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula untuk segera terjun di dunia usaha. Manfaatkan momen spesial ini dengan maksimal dan ciptakan peluang bisnis lebaran sebanyak-banyaknya. Salam sukses.
Sumber: disini
Previous
Next Post »