Berbicara
tentang logo atau identitas maka ada baiknya kita mengenal 3 elemen penting
yang ada dalam sebuah logo, yaitu:
1. NAMA,
kaitannya dengan word atau bunyi.
2. SIMBOL,
kaitannya dengan bentuk visual
3. WARNA,
selain sebagai daya tarik visual, makna simbolik, juga berkaitan dengan
pengaruh psikologis.
Untuk informasi menarik berikutnya kunjungi JasaLogoUnik Official Website
Untuk informasi menarik berikutnya kunjungi JasaLogoUnik Official Website
Pada
masa awal perkembangannya, pembagian jenis logo tidaklah serumit sekarang.
Mula-mula logo hanya berupa bentuk yang tak terucapkan seperti gambar, yang
dibuat oleh pengrajin untuk lambang kerajaan.
Seiring
dengan berkembangnya jaman, logo tidak hanya digunakan untuk kepentingan
kerajaan saja, melainkan untuk memberi tanda pada barang-barang yang dijual di
pasar (Trademarks). Pembagian jenis logo secara lebih sederhana dibagi atas dua
bagian yaitu:
1. Word Marks atau Brand Name atau
Logotype,
yaitu logo yang tersusun dari bentuk terucapkan (rangkaian huruf yang dapat
dibaca / diucapkan)
2. Device Marks atau Brand Mark atau
Logogram,
yang tersusun dari bentuk tak terucapkan (gambar).
Bisa
pula logo terdiri atas keduanya, yang merupakan kombinasi dari brand name dan
brand mark.
Sebagai
contoh untuk brand name adalah Logotype GARUDA Indonesian Airways yang hanya
tersusun dari huruf jenis Sans Serif , dan Logogram dengan bentuk burung garuda
sebagai brand mark.
Kemudian
dengan semakin bertambahnya jumlah produk di pasar, serta semakin kompleknya
karakteristik pasar muncul berbagai jenis logo, yang pada dasarnya merupakan
paduan dari dua jenis logo diatas.
Bila
mengamati perubahan logo dari jaman ke jaman mulai bentuk-bentuk penuh ornamen
hingga bentuk sederhana. Tipografi dapat dijadikan tolok ukur waktu. Logo huruf
pada periode awal menggunakan tipe huruf yang berukir dan serif, dengan
berkembangnya waktu maka huruf yang digunakan lebih sederhana dan sans-serif.
Demikian
pula representasi dari logo gambar juga lebih disederhanakan, misalnya bola
dunia digambarkan hanya dengan bulatan, terbang tidak lagi dipresentasikan
dengan sayap burung, tapi digambarkan hanya dengan bentuk segitiga melengkung.
Sebuah mahkota semula digambarkan mendekati realitas berubah menjadi sebuah
garis dan empat buah bulatan dengan bentuk palang diatas.
Berikut
kami sajikan beberapa jenis logo dan tipe logo:
1. Typografis
Hanya
Logotype yang penekanannya lebih kepada nama produk. Adalah logo yang hanya
terdiri dari rangkaian huruf untuk mengvisualkan sebuah nama. Logo jenis ini
memberi pesan langsung kepada konsumen. Contoh: Polytron, Sony, Sharp.
Gaya
Signature yang pada awalnya berasal dari nama atau tandatangan orang yang
membuat suatu produk. Dengan berkembangnya dunia grafis maka visualisasi
tandatangan tersebut bergeser menjadi nama dengan karakter khusus yang menjadi
logo Typografis Ekspresif, mis: Etine Aigner, Yves Saint Laurent, Piere Cardin.
Yaitu
logo yang terdiri dari nama perusahaan atau produk dengan gaya tipografis
geometris, tersusun atas bentuk-bentuk geometris seperti oval, lingkaran atau
kotak. Sebagai contoh adalah logo Ford dalam bentuk elips. Kelebihan jenis logo
ini adalah pada bentuknya yang ringkas dan fleksibel.
3. Initial Letter Logo
Yaitu
logo yang menggunakan huruf awal (inisial) dari nama produk atau perusahaan dan
menjadikannya sebagai elemen utama dari logo tersebut, misalnya bank Universal,
bank Mega. Logo jenis ini terkadang menunjukkan gabungan nama pemilik
perusahaan seperti logo produsen hardware komputer Hewlett-Packard (HP).
4. Pictorial Name Logo
Sama
halnya dengan logotype, yaitu logo yang menggunakan nama sebagai komponen
penting. Secara keseluruhan logo ini memiliki karakter bentuk yang sangat kuat
dan khusus seperti Coca Cola, sehingga nama lain yang dituliskan dengan bentuk
tipografi seperti itu akan tetap dianggap meniru Coca Cola.
5. Associative Logo
Yaitu
logo yang memiliki asosiasi langsung dengan nama produk atau wilayah
aktifitasnya. Sebagai contoh logo perusahaan pembuat pesawat terbang
Aerospatiale, logonya terdiri dari kalimat Aerospatiale yang membentuk bola
planet yang dengan jelas memperlihatkan jangkauan aktifitasnya yakni
penerbangan, logo perusahaan minyak Shell yang menunjukkan gambar kerang
sebagai asosiasi dari fosil penghasil minyak, kemudian logo 20th Century Fox,
yang menggambarkan gemerlap dan megahnya dunia perfilman dan masih banyak lagi.
Jenis logo seperti ini mempunyai daya tarik kuat dan mudah untuk dipahami.
6. Allusive Logo
Yang
dimaksud dengan allusive logo adalah logo yang bersifat kiasan, seperti logo
Mercedes Benz yang terdiri dari bentuk bintang segitiga yang merupakan
representasi dari sistem kemudi mobil, atau bentuk A pada perusahaan
penerbangan Alitalia yang dideformasikan dari bentuk ekor pesawat yang
berfungsi sebagai penyeimbang. Logo jenis ini memiliki hubungan yang tidak
langsung antara nama dengan logonya sehingga logo jenis ini sulit untuk dipahami.
7. Abstract Logo
Yang
dimaksud dengan logo jenis ini adalah logo yang dapat menimbulkan beraneka
kesan, yang dipengaruhi oleh daya pemahaman konsumen. Ini terjadi karena bentuk
visual logo ini sangat abstrak. Diantaranya mengambil suatu bentuk struktural
yang dikreasikan dengan efek optis yang bervariasi (ilusi optik). Sebagai
contoh adalah logo Citroen, logo jenis ini sangat disukai di Amerika.
Dalam
kategori abstract ini termasuk juga bentuk yang ekspresif seperti logo Bakrie
Brothers. Abstract logo pertama kali digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar
Jepang, yang kemudian perusahaan-perusahaan tersebut mengalami kesuksesan di
negara barat, sehingga menjadi ide baru bagi perkembangan logo di dunia barat.
Logo jenis ini sekarang menjadi standar disain logo kontemporer. Kelemahan dari
jenis logo ini adalah bentuknya yang abstrak, sehingga sukar dipahami oleh
konsumen.
8. Ambigram Logo
Logo ini dapat berupa initial logo atau bisa juga terdiri dari full name logo. Dan yang patut dipertimbangkan untuk memilih jenis logo ini adalah initial atau kata yang menyusun harus mendukung tipe logo ini.
9. Hidden Message Logo
Logo yang satu ini juga memiliki keuinkan tersendiri daripada logo sebelumnya. Coba lihat logo tersebut dengan seksama, dibalik ilustrasi logo diatas, memiliki pesan tersembunyi. Seolah menjawab apa yang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan atau bisa juga kiasan dari makna "kata" yang menyusun logo itu sendiri. Apakah Anda tertarik?
Kutipan favorit <>JasaLogo, "JasaLogo adalah sebuah jasa desain grafis yang melayani pembuatan LOGO PROFESIONAL dan ORIGINAL.
Kami bekerja sesuai dengan apa yang klien inginkan, itulah mengapa desain kami disukai banyak klien. Bagus dan tidaknya logo adalah sesuatu yang relatif, akan tetapi
memiliki dasar-dasar yang umum. Boleh jadi design yang menurut klien
bagus, namun dimata desainer sangat jelek. Atau sebaliknya. Oleh sebab itu, kami membuat desain logo berdasarkan selera klien, dan didampingi prinsip yang umum dan mendasar. Kami bekerja sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan oleh klien kami."
Untuk informasi menarik berikutnya kunjungi JasaLogoUnik Official Website
Untuk informasi menarik berikutnya kunjungi JasaLogoUnik Official Website
ConversionConversion EmoticonEmoticon